Sabtu, 08 Januari 2011

Studi perbandingan parameter drained dan undrained dengan menggunakan metode elemen hingga formulasi couple

Dalam analisis regangan, tegangan dan tekanan air pori pada tanah, perhitungan yang dilakukan secara simultan (couple) menjadi penting karena akan menghasilkan nilai yang lebih akurat. Besarnya tegangan pada tanah akibat suatu beban dipikul oleh butiran tanah (tegangan efektif) dan air pori tanah (tekanan air pori). Hal ini menyebabkan besarnya tegangan tanah dan tekanan air pori saling berkaitan erat, oleh karena itu lah perhitungan tegangan tanah dan tekanan air pori tanah harus dilakukan secara simultan. Dengan kemampuannya untuk menyelesaikan perhitungan yang kompleks, metode elemen hingga merupakan metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan perhitungan simultan seperti perhitungan regangan, tegangan dan tekanan air pori tanah. Formulasi metoda elemen hingga adalah persamaan simultan aljabar. Metoda elemen hingga menjabarkan persamaan lokal untuk setiap elemen hingga, yang kemudian di rakit dalam sistem struktur guna memperoleh solusi global sistem struktur tersebut.

Pada tugas akhir ini dilakukan analisis invers dari hasil uji triaksial consolidated undrained di laboratorium. Dari data-data hasil uji triaksial tersebut, masing-masing dibuat dua model yang sama dengan input parameter yang berbeda, satu menggunakan parameter drained dan satu lagi menggunakan parameter undrained. Korelasi antara tegangan, regangan dan air pori tanah dari input parameter yang berbeda tersebut akan dibandingkan. Secara teoretis, korelasi antara tegangan-regangan dan tekanan air pori-regangan pada suatu tanah adalah sama, baik apabila di analisis dengan input parameter drained maupun dengan parameter undrained.

Korelasi antara regangan, tegangan dan tekanan air pori tanah sangat mempengaruhi perhitungan nilai kekuatan geser dan kompresibilitas tanah tanah tersebut. Maka setelah analisis invers hasil uji triaksial, dilakukan lagi analisis invers suatu kasus timbunan tanah di lapangan. Besar penurunan yang terjadi antara data lapangan, hasil permodelan dengan input parameter drained, dan hasil permodelan dengan input parameter undrained akan dibandingkan. Hal ini dilakukan untuk membuktikan kesamaan penurunan baik oleh analisis dengan input parameter drained maupun parameter undrained. Melalui studi perbandingan parameter drained dan undrained ini, tugas akhir ini diharapkan dapat memperjelas korelasi antara tegangan, regangan dan tekanan air pori tanah.



by : DAYU APOJI’S WEBLOG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar